Posted on: April 18, 2020 Posted by: Ibu Hebat Comments: 0

Hi Ibu Hebat! Kali ini kami akan share hasil diskusi kulwap “Membahagiakan Pasangan Sesuai Genetikanya” bersama Mas Galih Iman Thoyibi, namun karena materi yang diberikan berupa PDF dan tidak boleh disebar luaskan, hanya untuk konsumsi internal group Ibu Hebat, jadi kami akan share hasil Tanya-Jawab saja yah, semoga bisa mewakili materi untuk Ibu Hebat yang belum bisa ikutan kulwap yah. Silakan disimak!

*NB : Isi resume ini 100% hasil copy – paste diskusi dari kulwap yah, tidak ada penambahan apapun.

Komunikasi merupakan faktor terpenting dalam rumah tangga, terutama dengan pasangan. Pernikahan bukan perkara satu hari, sebulan atau hanya beberapa tahun, namun ibadah terlama bahkan seumur hidup. Bayangkan dalam 24 Jam kita tidak berbicara dengan pasangan kita, dari bangun tidur, sarapan hingga tidur bersama lagi kita hanya diam saja, waduh pasti sangat tidak nyamankan?.

Komunikasi tidak melulu saling berbicara, namun bagaimana cara kita menyampaikan apa yang ada di dalam hati, diskusi, solusi, dan sepakat serta menjalankan hasil kesepakatan dengan baik. Komunikasi juga upaya kita untuk konsisten dalam keromantisan  hingga tutup usia, jadi jangan hanya saat pacaran aja romantisnya ya Bu. Komunikasi lancar rumah tangga yang harmonis, sebagaimana yang kita ketahui bahwa banyak pasangan gagal dalam mempertahankan rumah tangga hanya karena salah paham, bahkan ada yang melakukan KDRT hingga membunuh pasangan sendiri, nauzubillahminzalik ya Bu!.

Dalam kulwap ini Mas Galih menjelaskan sebuah Metode STIFIn, yakni suatu konsep ilmu yang memetakan manusia berdasarkan operasi otaknya, yang terbagi dalam lima bagian, yakni: Sensing, Thinking, Instuiting, Feeling dan Insting. Metode ini membuat kita lebih mudah memahami karakter dan komunikasi pasangan, sehingga mampu mengurangi terjadinya kesalahpahaman hingga KDRT.

Jadi ada 5 bentuk komunikasi dengan pasangan berdasarkan genetikanya, yaitu:

  • Pasangan Bertipe Sensing

Tipe yang mempunyai ingatan yang kuat, detail dan rinci. Oleh karena itu, ibu yang memiliki pasangan ini harus pintar berkata, jangan obral janji, dengarkan saat dia bicara dengan seksama  dan berhati-hatilah membuat momen bersamanya. Tipe ini beri dia hadiah atau pujian.

  • Pasangan Bertipe Thinking

Tipe yang menghagai efektifitas, tegas dan cenderung kaku,menggunakan data dan logika, jadi saat berbicara pastikan to the point, jangan baper karena kurang sensitf. Tipe ini ibu harus percaya kepadanya, dan mintalah nasehat darinya..

  • Pasangan Bertipe Instuiting

Tipe yang suka perubahan, kepo, dan sedikit pelupa, maka dengan tipe ini ibu harus bantu ia mengingat, pujilah dan mintalah sarannya.

  • Pasangan Bertipe Feeling

Tipe yang sering menggunakan hati dan perasaan, menghargai persahabatan dan moody. Ibu harus membangun cinta bersama rasakan kehangatannya.

  • Pasangan Bertipe Insting

Tipe pencari kebahagiaan dan hemat berbicara, maka dengan tipe ini to the point lah dan hadirkan momen dan kegaiatan yang bernuansa spritualitas.

Jadi bagaimana Ibu Hebat, sudah tau tipe apa pasangan kita? Sebelum diterapkan ke pasangan masing-masing maka, simak dulu tanya jawab berikut ini:

  • #Tanya- Dya- sebelumnya, saya dan suami sudh pernah tes stifin. Saya (intuiting exrrovert)  dan suami juga sama intuiting extrovert.  Bagaimana cara berkomunikasi antar MK yg sama? Bagaimana cara menasihati suami?  Dan cara menyemangati suami agar slalu semangat? Walaupun kita punya MK yg sama,  tp saya merasa pola pikir apa yg kita suka banyak beda nya juga,…  Sebelum tes saya kira saya sensing, suami jg mengira saya sensing.. Tp hasilnya trnyata saya intuiting,  jd saya merasa intuinting yg ke sensi_an. Untuk kasus seperti itu,  perlu tes ulang atau bagaimna? Terimakasih.

Halo bu dya,

Seru nih punya MK sama hehe. Tidak perlu tes ulang buu.

Ada solusi dari STIFIn dimana memiliki MK yang sama :

1. Kurangi frekuensi pertemuan / long distance married

2. Pola hub trilateral / misal tinggal dengan orangtua/kakek

3. Naik maqom (penghasilan suami harus lebih tinggi dibanding istri dan tingkat spiritualis suami juga harus lebih tinggi)

Kalau bisa diperkecil pola menasehati kepada suami hehe, coba kasih pilihan atau saran saja.

Cara membuat semangat :

Kasih fasilitas yg menunjang utk bekerja/menopang kreativitasnya.

Kasih ruang kosong agar suami mendapatkan “me time” nya.

Tipe intuiting juga harus memiliki hasrat untuk mengejar sesuatu, biasanya hasratnya muncul spontan.

Kalo caranya supaya hasratnya munculnya sering,  ga hilang timbul gimana ya mas?

Jangan monoton sifat dan harus fleksible. Karna sejatinya orang intuiting itu bosenan. Ajak jalan jalan yg tema nya beda beda per bulan.

  • #tanya-yora- untuk mengetahui hasil melalui stifin, berapa akuratnya sih tes ini?? Terus, manfaat lain stifin itu selain untuk relationships, apa lagi mas?

Tingkat akurasi dari STIFIn diatas 95% .

Selain couple. Bisa juga digunakan untuk parenting , profesi, cara belajar  cara mengajar, bisnis, berpolitik, sdm, marketing, suri rumah, jomblo, dll .

  • #tanya-Fadiyah- Kalau istri Intuiting ekstrovert dan suami Insting, dalam hal apa kira-kira mereka bisa berkolaborasi?

Halo bu fadiyah, Seru nih suaminya yang mendukung istri. Si istri harus bisa mendukung suami dalam hal kreativitas dan inovasi. Disamping itu, si istri minimal membuatkan jadwal kegiatan utk suami. karna sifat insting itu mengalir, kemana aja mau. Sama sama ke pengajian, karna habitatnya insting sejatinya di masjid. Oiya terakhir, sebaiknya sesuatu yg kecil apapun sifatnya, dicatat. Agar tidak lupa.

Pun dengan gaya pengasuhan dan apapun itu sifatnya mengalir juga ya? Kenapa di masjid?

Iya bu, maka harus ditempatkan di tempat yang baik dan bersih. Jika lingkungannya kotor, maka akan terbawa. Sejatinya orang insting itu spiritualis yg hebat, maka harus dekat dengan Tuhan.

Berarti tergantung gimana semangatnya istri juga ya?

Iya bu jangan kayak lilin yaa. Karena menikah merupakan ibadah terlama.

Noted mas. Mungkin itu sebabnya dipasangin sama insting, jadi biar terus semangat.

  • #tanya-Makmul-Istri Intuiting Ekstrovert dan suami Feeling Introvert, cara spt apa yg hrs dilakukan biar kami bisa jatuh cinta berulang ulang?

Halo bu makmul, Gampang bu kalau feeling. Cukup kasih waktu berdua yg banyak, kalau ngobrol tatap matanya dengan penuh cinta, tidur dibahu suami, sering sering berhubungan suami istri. Nah kalau Intuiting extrovert, Si suami diajak pergi nonton film/ bioskop gitu bu.

  • #tanya-fitri- suami saya tipe thinking introvert, org2nya sedikit cuek dan jarang sekali memuji dan mengungkapkan rasa sayang. Bahkan dihari spesial-pun cenderung cuek. Padahal terkadang saya ingin merayakan moment2 spesial berdua. Jadi seringkali kami berdebat soal ini. Bagaimana ya cara mengatasinya, agar kedua belah pihak sama2 senang, nyaman? Terimakasih.

Halo bu fitri,  Iya bu tipe thinking memang kaku, dingin, cuek, mandiri, namun cerdas.

Ajak pergi ke alam terbuka gitu bu, ke gunung atau ke taman safari. Terus ngomong baik baik ke suami, kalau istrinya tuh butuh kamu disisinya #eeaa. Bu fitri tipe nya apa kalau boleh tau?

Lebih suka ke alam sih. Tapi bukan pantai mas. Lebih Duke gunung.. Hee

Nah ini solusinya bu , ke alam bareng sama suaminya. Di jaadwalkan aja buuu.

Mau-nya sih mas. Tapi agk susah juga buat bujuk suami jalan ke alam bareng, apalagi sampe menginap. Kebetulan sya tinggal sama ibu mertua, jadi suami suka kefikiran klo ninggalin ibu sendiri.  Kira2 baiknya seperti apa ya? Hee

Oalah pantesan. Baiknya beli rumah/ngontrak di sebelah rumah mertua. Minta tolong adik/kakak nya suami nemenin 2 hari ajaaa

Ya mas, kondisinya sering tidak memungkinkan. Jadi sya-nya sebal sendiri.

Iyaa bu, harus kuat kuat kuaaatt

Siap mass. Sebenernya cara komunikasi yg baik untuk sya tipe sensing dan suami thinking seperti apa y mas? Apalagi dua-nya org introvert.

Komunikasi dengan Pasangan ber-tipe Sensing

Tipe ini kuat sekali memori/ingatannya, jadi jangan terlalu obral janji, karena dia akan menuntut bukti dari janji tersebut. Kalau sudah terlanjur janji, maka tunaikan dan wujudkan janji tersebut. masih terkait dengan memori yang kuat, berhati-hati dalam membuat momen bersama dengannya, boleh jadi momen itu akan terus diputar dikepalanya seperti sebuah video. Tipe ini adalah tipe yang detail dan rinci, jadi kalau dia sedang berkisah atau bertutur tentang suatu hal, dengarkan dengan seksama setiap bagian yang dia ceritakan. Fasilitasi apa yang dia inginkan, sanjunglah penampilannya dan berikan dia hadiah/kado sesuatu yang disukainya.

Komunikasi dengan Pasangan ber-tipe Thinking

Orang dengan tipe ini menghargai efektifitas dan tegas, sehingga kalau ngobrol dengan dia, jangan plintat-plintut dan ngalor ngidul. orang yang kurang sensitif terhadap perasaan dan cendrung kaku, jadi persiapkan diri untuk tidak mudah baperan apalagi sampai nangis bombay. tipe orang yang senang menggunakan data dan logika, jadi kalau mau bincang-bincang dengan dia persiapkan argumentasi yang kuat dan logis. hadirkan kepercayaan penuh untuk tahtanya, apresiasi cara dia mengelola rumah tangga serta sering-seringlah minta nasehat/petuah darinya.

Tapi apakah ada hubungannya ke pengasuhan ya mas dengan tipe saya dan suami yg seperti ini?

Adaaaa buuu.

Karena sama2 introvert nanti anaknya juga jadi introvert ya mas?

Tidak buu.Genetik STIFIn tidak menggunakan hukum mendel .

  • #tanya-winda- saya mangajak suami saya utk isi kuisioner Bahasa Cinta, tp berujung perdebatan karena mnurut suami saya apa yg ditanyaka smuany dia suka karena balik ke situasi dan kondisinya. 🙈 jd ny sampe skrg saya mnjalankan peran masing2.

Halo bu winda,Ada buku bagus yang harus bu winda berikan hadiah kepada suaminya, yaitu “Father Man” , karya Ajo Bendri Jaisyurrahman. Kadang kalau kita mengisi kuisioner, bisa berbohong buuu.

  • #tanya-Vica-Yg ingin saya tanyakan adalah Salah satu contoh Genetik pasangan berTipe Sensing ini bagaimana cara membuat seseorang (pasangan) yg berTipe sensing untuk bisa memaafkan dan melupakan sesuatu hal yang pernah terjadi dimasa lalu yg membuat nya terlalu sakit hati semisal (perselingkuhan) yang membuat nya terus mengenang/mengingat hal tersebut ? Dan bagaimana cara mendapatkan kepercayaan nya kembali ? Apakah orang Tipe tersebut sangat Anti dengan pe(maaf)an?Kebetulan Suami saya adalah WNA menurut saya dimana pola fikirnya begitu keras berbeda dgn Wni pada umum nya dan beliau cenderung masuk golongan Tipe ini saya tdk menJudge nya tapi dimana sifat nya hampir mirip dengan pejabaran dalam materi. Mohon di bantu jawab dan memberi sedikit masukan, thank you so much.

Halo bu, Hal tersulit yaitu membuat sensing melupakan masa lalu, karena sejatinya org sensing ingatan nya kuat. Biarkan ingatan itu ada, nanti akan mengalir sendiri. Nah, yang harus dilakukan adalah menawarkan masa depan kepada orang sensing dengan tidak menyinggung masa lalu nya. Jika dia masih mengingat itu, maka mencobalah untuk mengalihkan komunikasi kepada hal lain, misalnya (baju kamu bagus ya, kamu kelihatan lebih ganteng dengan memakai celana ini).

  • #tanya-Anggi-jika istri melakukan kesalahan yang fatal tapi masih teringat oleh suami. Apakah sehat jika dilanjutkan? Suami selalu mempositifkan pikiran nya untuk melupakan perlakuan istri tp masih teringat juga. Apa yang harus dilakukan suami untuk membersihkan pikirannya? Background keluarga suami pun pengingat kejadian yg lalu bahkan pembangkit. Tapi jika pertanyaan, diatas dibalik posisinya,Apakah jawabanya akan sama antara laki laki dan perempuan?Terima kasih

Halo bu Anggi, Sebaiknya saling menutupi aib sesama suami-istri, memang berat, tapi wajib dilakukan.Cara yg terpenting utk membersihkan pikirannya adalah mengingat segala sesuatu kebaikan yg telah dilakukan oleh pasangannya, memang berat, butuh proses dan harus nikmati proses. Jawaban akan sama bu.

  • #tanya-nisa -suami type thingking dan saya intuiting , cara spt apa cara komunikasi yg baik sehingga tidak timbul perdebatan yang mengganjal di tipe intuiting?

Halo bu nisa, Cara komunikasinya sebenernya mudah bu, cukup mengetahui kelebihan dan kekurangan pasangan.Baik suami dan istri harus sama sama punya ilmu. istri harus punya hati baja mendengar argumentasi dari suami, karna Thinking menaklukan Intuiting (ini sudah bagus dari hubungan rumah tangga). Yang harus dilakukan orang thinking adalah menahan sikap kritisnya terhadap istrinya (kadang sering melukai hati). Buuuu , saran nanti saya kasih e-book STIFIn yaa, tolong kasih ke suaminya, “saya itu tipe intuiting loh mas” .

Nah ini yang jadi pr 😅 kasih hasil tes psikotes anak aja gak percaya hahah.. apalagi mengoreksi ya susah tapi pasti bisa makasih mas. Klo mau tes stifin Bandung dimana mas?

Moria Educate

Jl. Cigadung Raya Barat No.25 A, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40191

0813-9573-9310

https://maps.app.goo.gl/hWE9jSVvdK2JsZUq8

  • #tanya-Laily- saya intuiting extrovert, golongan darah O. Bagaimana cara menge-rem ide-ide selalu luber di otak, sebenarnya saking banyaknya ide di kepala trus saya tidak bisa semua diwujudkan, akhirnya saya merasa sedih/kecewa, karena saya percaya bahwa saya sebenarnya bisa.

Halo bu laily,Ide nya ditulis aja bu di kertas atau di laptop. Nah, terus berdiskusi dengan kerabat/saudara. Jangan sampai terlalu obsesif bu, bahaya. Sifat positif dari Intuiting itu sangat optimissssss, sampai sampai lupa akan realitas yg terjadi.

Demikian resume kulwap kita, dan ada pesan dari Mas Galih “Ibadah merupakan ibadah terlama, jangan sia-siakan ibadah itu, niatkan ikhlas. Setiap pasangan rumah tangga, pasti diberikan suka dan duka, tergantung masing2 melihatnya dari segi syukur atau kufur. Kenali dirimu dan kenali pasangan hidupmu dengan baik !”.

Untuk Ibu-Ibu yang ingin berkonsultasi langsung mengenai STIFIn, bisa langsung hub Galih di nomer : +62 838-9897-6828

Sekian resume kulwap yang bisa kami sampaikan, sampai jumpa di kulwap selanjutnya yah!

Moderator Kulwap : Winda Rahayu Ersy

 

Leave a Comment